-->

Rabu, 27 Februari 2013

Warna Tinja Bayi Tidak Biasa? Cek Penyebabnya di Sini


Ketika Anda mengganti popok bayi, amati dengan seksama warna kotorannya. Umumnya, tinja bayi yang sehat berwarna kuning dam Anda perlu waspada jika terjadi perubahan warna pada tinja bayi, yang mungkin mengindikasikan masalah kesehatan yang serius.

Seperti dilansir Parenting, Jumat (15/2/2013), perhatikan perubahan warna pada tinja bayi berikut agar Anda dapat segera mencari bantuan dokter jika ada sesuatu yang janggal:

1. Putih
Tinja bayi yang berwarna putih sangat jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa bayi Anda dapat mengalaminya. Jika bayi buang air besar dan tinjanya berwarna putih seperti kapur, Anda perlu waspada dan segera memeriksakannya ke dokter. Hal ini mungkin dapat disebabkan oleh masalah hati atau kandung empedu.

2. Merah
Makanan tertentu atau beberapa jenis obat-obatan dapat membuat kotoran bayi berwarna kemerahan. Namun bisa juga terjadi akibat adanya pendarahan internal di dalam tubuh mungil bayi, sehingga Anda perlu mewaspadainya juga.

3. Kuning
Bayi yang masih mendapatkan air susu ibu (ASI) eksklusif, umumnya memiliki tinja yang berwarna kuning emas. Jika tinja bayi berwarna kehijauan, masih termasuk normal karena hal ini terjadi karena pengaruh makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

4. Hijau
Warna hijau pada tinja bayi biasanya disebabkan karena kandungan zat besi dalam susu formula atau sayuran hijau. Akan tetapi, jika tinja bayi mengalami perubahan warna menjadi hijau yang tidak dapat dijelaskan dan secara tiba-tiba, konsultasikan dengan dokter.

5. Hitam
Segera setelah dilahirkan, normal jika bayi akan mengeluarkan mekonium yang berwarna hitam kehijauan. Mekonium adalah tinja pertama bayi yang baru lahir, yang teksturnya kental dan lengket. Tetapi jika bayi mengeluarkan tinja yang berwarna hitam lagi setelah beberapa lama, mungkin terjadi pendarahan internal yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar